Friday, January 30, 2009

KBB #9: Classic Puff Pastry


Classic Puff Pastry

Tantangan KBB awal tahun nih.. KBB #9 yang di host oleh Mae & Rachmah. Waduuh... aku ngerjain dua kali. Yang pertama terasa gagal (adonan masih di freezer nih), lalu yang kedua bikin di hari deadline alias mepet banget, karena aku baru pulang dari luar kota. Masih dalam kondisi rada cape, tapi tetep semangat bikin. Saking semangatnya yaaaa koq tetep gagal ya.. Padahal secara teori udah sok mantap banget! Memang bikin pastry tuh harus dengan hati yang tenang...dan damai... hehehehe..

Percobaan kedua ini, teknik melipatnya berbeda dari resep. Aku pakai cara yang aku lihat di youtube, adonan setelah dibulatkan, dibelah empat lalu dibuka sayap2nya (jadi ada 4 cabang). Tapi ketipisan dan adonan kulit kurang lentur sehingga di pelipatan pertama sudah bocor lagiiii.. Aku berhenti di pelipatan ke-4, dan setelah didinginkan lagi, dipotong memanjang kecil-kecil dan langsung dibalut gula pasir. Panggang dengan suhu 210 derajat celcius (api atas & bawah) sampai mengembang, kuning dan matang. Lamanya mungkin sekitar 10 - 15 menit (aku ga lihat jam sih).

Hasilnya enaak koq, biarpun tidak perfect lapisannya. Jadi percobaan pertama dan sisa yang kedua bakal aku panggang nanti. So, temen2 jangan dibuang ya adonan yang dirasa gagalnya..hehehehe...

KBB #9 The Making of Classic Puff Pastry

Classic Puff Pastry2


Ini hasil dari adonan pertama yang dianggap gagal. Aku pat gulipat lagi.. dan dipanggang hasilnya ok yaa.. layernya banyak:p Ahh senangnya... (dd. February 5, 2009).

Classic Puff Pastry 3

No comments: