Thursday, July 10, 2008

Martabak Manis



Dari kemarin malem kepikiran martabak manis nih, jadi hari ini aku coba bikin. Resep pakai dari Aneka Jajanan Pinggir Jalan. Resep ini juga pernah dibuat oleh Esti & Asri, dan hasilnya ok-ok. Aku buat 1/4 resep dan penyesuaian dikit. Bikinnya pakai loyang teflon, hasilnya ketipisan dan adonan kurang ngembang menurutku. Sepertinya api kegedean:p Rasa sih ok yaaa... apalagi kalau ditambah keju:) Berhubung ga ada keju, cuman pakai meises dan skm.

1/4 resep:

125 gr terigu sedang
1/4 sdt baking powder
32 gr gula pasir
1/2 telur (aku pakai 1 telur), kocok lepas
vanili
garam
162 ml air (aku 120 ml)

Cara:
1. Ayak terigu dan baking powder, campur dengan gula pasir. Masukkan telur, vanili, & garam kocok dengan speed rendah.
2. Tambahkan air sedikit-sedikit, sampai adonan rata dan lembut. Diamkan adonan 1 jam.
3. Tambahkan 1/4 sdt baking powder ke dalam adonan. Tuang adonan ke dalam teflon yang sudah dipanaskan. Gunakan api sedang.
3. Sampai adonan berbusa, taburi gula pasir. Biarkan sampai berlubang (kecilkan api). Tutup biarkan sampai matang.
4. Angkat, oles dengan butter, cokelat meises dan susu kental manis. Potong dua bagian, tumpuk, oles permukaan martabak dengan butter. Potong-potong, sajikan segera.

5 comments:

Elsye said...

Vin, ini mesti pake loyang khusus martabak ga ? gue takutnya ga jadi kalo pake teflon :P, soalnya pernah bikin bawahnya gosong boww :P

mae said...

Mbak, ini keliatan enak banget. Sumpah ! Weleh weleh doyananku ini. Kapan2 nyoba ah :)

Vin said...

@elsye: ini bikinnya pake teflon sye, apinya kecil aja, pasti sukses!:p
@mae: enaaaaak pastinya:p hehe dicoba mae:)

ice tea: sugar high said...

vin, perna coba bikin tipker ngga? aku dulu perna coba, kok ngga bisa seenak kaya yang beli di abang2 ya?

disini ngga ada yang jual tipker niy. ngidam to the max!

thanks n salam kenal ya

Vin said...

@ Asti: hi salam kenal juga:) thanks udah mampir. Tipker apa ya??:p