Wednesday, April 30, 2008

Lasagna


Category:
Meat & Seafood
Style:
Italian
Servings:
1

Description:
Udah beli lasagna instant beberapa minggu lalu, baru hari ini niat bikin lasagna. Resepnya aku pilih dari Sedap edisi 4/IX/2008. Proses pembuatannya bikin aku sauna. Panas banget! Keringet terus ngucur... Dan aku rasa saus kejunya kurang encer, kental gitu. Ya udah aku langsung panggang aja, dengan feeling takut kurang berhasil nih lasagna. Tapi, akhirnya setelah keluar dari oven, looks yummy, dan memang enaakk. Cuman buat next time, aku mo nyoba resep saus kejunya Ibutio, trus harus pake mozzarella juga, biar bagus lelehannya:)

Ingredients:
(1/2 resep):
2 lembar lasagna instant
Saus daging:
1 siung bawang putih, cincang
1/4 buah bawang bombay, cincang
100 gr daging giling (cukup pakai 60 gr)
1 buah tomat, rebus, buang kulit & biji, potong dadu
2.5 sdm pasta tomat (aku pakai 5 sdm saus tomat)
garam
merica bubuk hitam
125 ml susu cair
1/2 sdt oregano
1/4 sdt basil (aku ga pakai)
1/2 sdm minyak zaitun

Saus keju:
1 sdm margarin
1 sdm tepung terigu protein sedang
125 ml susu cair (dan aku tambah sedikit lagi karena kurang encer)
50 gr keju cheddar parut
garam
merica

Directions:
1. Tumis bawang putih & bombay, masukkan daging giling. Aduk sampai berubah warna.
2. Tambahkan tomat & saus tomat. Aduk rata.
3. Masukkan susu cair, garam dan merica. Masak sampai matang. Tambahkan oregano.
4. Saus keju, panaskan margarin. Masukkan tepung terigu, aduk sampai berbutir. Tuang susu sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin. Masukkan keju cheddar, garam dan merica. Masak sampai meletup-letup.
5. Tuang sedikit saus daging di dasar pinggan tahan panas. Lalu tata satu lembar lasagna. Beri sisa daging, tutup lagi dengan lasagna. Siram dengan saus keju.
6. Panggang selama 30 menitan dengan suhu 170 derajat Celcius sampai matang.

2 comments:

Sheila said...

Mmmmm...foto lasagna-mu bikin ngiler Vin. Udah lama banget aku gak bikin lasagna. Biasanya kalo bikin pake resep asal2an aja :D. Laen kali aku nyoba bikin pake resepmu ya.

Vin said...

he eh Shei, kayaknya kalo pake lembaran lasagna non instant lebih empuk ya:p