Saturday, April 26, 2008

Lapis Surabaya Marble

Lagi pengen Lapis Surabaya, dan kepikiran untuk bikin yang marble seperti yang pernah kulihat di internet/blog tahun lalu. Akhirnya resep cake aku ambil dari Variasi Kue Lapis "Sedap". Hanya lapisan cokelat aku ganti dengan marble. Juga untuk filling pakai ganache bukan selai strawberry. Komposisi bahan sudah aku hitung ulang untuk loyang 12 x 24 x 4 cm (resep asal untuk loyang 22 x 22 x 4 cm).

Bahan:
18 kuning telur
150 gr gula pasir halus
60 gr tepung terigu protein sedang
15 gr maizena
15 gr susu bubuk
75 gr margarin
112 gr mentega
1 1/2 sdm susu kental manis (aku ga pakai)
3/4 sdm cokelat bubuk
ganache

Cara:
1. Kocok margarin dan mentega sampai mengembang. Sisihkan.
2. Kocok kuning telur dan gula pasir sampai mengembang dan kental. Masukkan terigu, susu bubuk dan maizena sambil diayak. Aduk rata.
3. Masukkan margarin kocok, aduk rata.
4. Ambil 4 sdm adonan tambahkan dengan cokelat bubuk.
5. Tuang adonan putih di 3 loyang ukuran 12 x 24 x 4 cm (loyang dioles margarin dan dialas kertas roti). Masukkan adonan cokelat ke salah satu loyang, aduk bentuk marble.
6. Panggang selama 15 - 20 menit dengan suhu 180 derajat Celcius.
7. Dinginkan kue, oles dengan ganache.

Hasil marble kurang cantik, karena aku pakai cokelat bubuk kebanyakan sehingga adonan berat kebawah. Bagusnya pakai cokelat pasta:p
Soal rasa, ok deh...:)

No comments: