Tuesday, April 8, 2008

Cheese Ensaymada

Mendengar namanya saja sudah aneh, Ensaymada. Ini adalah roti Philipina. Proses pembuatan hampir mirip dengan roti, tetapi adonan ini sangat lembek dan waktu membuatnya lama banget! Saat proses pembuatan, aku udah mau menyerah, soalnya adonannya terlalu lembek untuk dibentuk. Sepertinya aku kurang lama nguleninnya. Tapi begitu aku coba uleni lagi, tetep aja lembek. Lalu aku tambahkan tepung terigu (ga tau berapa banyak, ga ditimbang dulu sih:p). Akhirnya adonan cukup untuk dibentuk tetapi tetap lunak (dan ini memang ciri khas-nya Ensaymada, adonan lunak berhubung mengandung banyak cairan). Dan hasilnya memuaskan, rotinya empuk hanya kurang manis menurutku:)

Sumber: Majalah Sedap edisi 1/IX/2008
Hasil: 18 buah
Bahan I:
2 sdt ragi instan
2 sdt gula pasir
60 ml air

Bahan II:
80 gr kuning telur
60 gr gula pasir halus
150 gr tepung terigu protein tinggi
55 gr susu evaporated

Bahan III:
150 gr mentega
60 gr gula pasir
1 telur
60 gr kuning telur
1 sdt garam (aku pakai 1/2 sdt)
250 gr tepung terigu protein sedang
125 gr keju cheddar parut untuk isi
susu evaporated untuk olesan
mentega untuk olesan
gula pasir untuk taburan

Cara:
1. Bahan I, campur dan biarkan 20 menit sampai mengembang.
2. Bahan II, kocok kuning telur dan masukkan gula pasir sedikit-sedikit. Kocok sampai putih. Ganti kaki mixer dengan spiral.
3. Masukkan tepung terigu protein tinggi, susu evaporated dan bahan I secara bergantian, kocok rata, diamkan 30 menit.
4. Bahan III, kocok mentega dan gula sampai lembut. Masukkan telur dan garam sedikit-sedikit sambil dikocok sampai rata. Tambahkan tepung terigu. Aduk rata.
5. Masukkan bahan II, uleni sampai lembut. Diamkan 45 menit.
6. Kempiskan adonan dan uleni lagi sampai rata, diamkan 30 menit.
7. Timbang adonan @ 50 gr, bulatkan, diamkan 10 menit. Pipihkan memanjang, isi dengan keju. Rapatkan dan bentuk melingkar.
8. Letakkan di loyang muffin yang sudah dioles margarin. Diamkan 90 menit sampai mengembang. Oles susu evaporated.
9. Oven 15 menit dengan suhu 190 derajat Celcius. (aku cuman 10 menit).
10. Setelah matang, olesi dengan mentega dan taburi gula pasir.

2 comments:

mae said...

rotiiiii.... aku paling seneng bikin roti, kayaknya mainan clay tp bisa dimakan :)
Kapan2 hrs nyoba yg ginian aha :)

Vin said...

ya Mae, cobain deh, soalnya cara bikinnya antik:p